1.
Pengertian
Peer Learning:
Peer
learning merupakan strategi pembelajaran yang cocok untuk
pembelajaran orang dewasa (andragogy) dan self-direction. Menurut Jarvis
(2001), peer teaching merupakan kegiatan belajar yang berpusat pada
peserta didik dalam suatu kelompok atau komunitas tertentu kemudian
merencanakan dan memfasilitasi kesempatan belajar untuk dirinya sendiri dan
orang lain. Hal ini diharapkan dapat terjadi timbal balik antara teman sebaya
yang akan merencanakan dan menfasilitasi kegiatan belajar dan dapat belajar
dari perencanaan dan fasilitas. Peer learning adalah pembelajaran yang terpusat
pada siswa, dalam hal ini siswa belajar dari siswa lain yang memiliki status
umur, kematangan/harga diri yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri.
Sehingga siswa tidak merasa begitu terpaksa untuk menerima ide-ide dan sikap
dari “gurunya” yang tidak lain adalah teman sebayanya itu sendiri.
2.
Manfaat
Dan Tujuan Peer Learning
Peer learning sendiri mempunyai tujuan dan manfaat
yang berguna bagi peserta didik. Berikut adalah tujuan dan manfaat dari peer learning secara umum :
- Memberikan
umpan balik dan dukungan terhadap siswa.
- Mengatasi
isolasi.
- Tidak
menakutkan (siswa lebih cenderung berani untuk bertanya walaupun
pertanyaan yang “bodoh”).
- Memotivasi
dan meyakinkan siswa.
- Fleksible
dan responsibel.
Adapun menurut beberapa ahli (Dobos
et al., 1999; Biggs, 1999; Bruffee, 1999; dan Boud et al. 2001) manfaat dari
pembelajaran peer learning ini adalah:
- Meningkatkan motivasi, yaitu untuk meningkatkan
kualitas proses pembelajaran maupun produk pengajaran.
- Sebagai outcome kognitif dan sosial dalam
pembelajaran, yaitu meningkatkan level pendalaman atau pemikiran
tingkat-tinggi (higher-order thinking), dan untuk mengembangkan
keterampilan kerja sama (collaborative skills).
- Sebagai peningkatan rasa tanggung jawab seseorang
atas upaya belajar, yaitu meningkatkan penguasaan proses belajar-mengajar
dan proses pembelajaran dan konstruk-konstruk pengetahuan.
- Meningkatkan keterampilan meta-kognitif yang
memungkinkan siswa untuk lebih mencerminkan pengajaran dan pembelajaran
mereka secara lebih kritis. Pada gilirannya siswa dapat lebih
menghargai pengalaman belajar mereka. Proses penerapan model ini
dapat dilakukan di luar lingkungan kelas dalam semua konteks pembelajaran
dan pengajaran.
3.
Perencanaan
Peer Learning
Sehingga
dari penjelasan tersebut, adapun program perencanaan ‘peer learning’ yang akan dibuat oleh kelompok adalah berdiskusi
dengan membahas suatu isu-isu atau fenomena yang sedang menjadi pembicaraan
hangat maupun di Indonesia sendiri atau bahkan di dunia. Kelompok berperan
sebagai pemberi isu yang akan didiskusikan dan juga sebagai penyedia media
dimana partisipan dapat memberikan opininya mengenai isu-isu tersebut. Media
yang dimaksud adalah; kelompok akan membuat Mading yang dinamakan Opini
Kritikus. Dimana mading ini akan diletakkan di tempat umum di Fakultas
Psikologi dengan isi mading berupa isu-isu terhangat, kemudian partisipan
(mahasiswa Psikologi) memberikan opininya melalui madins Opini Kritikus. Pembelajaran
melalui mading ini sangat membutuhkan keaktifan, pemikiran kritis, dan juga
wawasan partisipan mengenai isu-isu yang akan dibahas. Kelompok memilih untuk
membuat mading sebagai wadah peer
learning, dimana saat ini
pembelajaran melalui media ini sangatlah jarang dan menurut kelompok sangat
sesuai untuk andargogy, dan kelompok ingin memberi media pembelajaran yang juga
menarik melalui mading yang selama ini hanya bisa kita lihat tanpa bisa
memberikan opini dan akan bisa menimbulkan antusias para pembaca dalam memberikan
opininya antara satu dengan yang lain.
4.
Prosedur
Peer Learning (Mading: Opini Kritikus)
Adapun
prosedur dari Mading: Opini Kritikus
1. Kelompok
akan membuat Mading:Opini Kritikus yang akan diletakkan dibeberapa titik yang
dapat diakses oleh mahasiswa Psikologi di Kampus Psikologi USU dan telah
mendapatkan izin.
2. Isi
Mading: Opini Kritikus berisi topik hangat yang akan diminta pendapat dan ide
kreatif partisipan. Partisipan akan menulis opini mereka dengan kertas tempel
dan pena yang telah disediakan oleh kelompok.
3. Kelompok
akan memberikan masa penayangan mading selama satu minggu
4. Kemudian
kelompok merangkum hasil Opini Kritikus Mahasiswa Psikologi dalam bentuk Video
sebagai publikasi dan dokumentasi hasil akhir
5.
Estimasi
Biaya
Pengeluaran
|
Biaya
|
Sterofon 2 buah
|
Rp. 12.000
|
Paku Payung
|
Rp. 20.000
|
Ngeprint 2 Lembar
|
Rp. 2.000
|
Kertas HVS 5 lembar
|
Rp. 500
|
Pulpen 2 biji
|
Rp. 4.000
|
Tali Pelastik
|
Rp. 1.000
|
Kertas Origami
|
Rp. 10.000
|
TOTAL
|
Rp. 49.500
|
kelompok 10
livi yohana 12130102
M saif 121301027
M yusuf lbs 121301028
Riyan Kurnia Aswari 121301060
Kristi merlin 121301115
M Arif Mubarakallah 121301122
Comments
Post a Comment