Skip to main content

manfaat pengenalan andragogi dan pedagogi

saya akan menjelaskan manfaat dari pembelajaran andragogi dan pedagogi.

secara istilah atau pengertian sehari hari. andragogi itu adalah proses pembelajaran ditujukan pada orang dewasa. sedangkan pedagogi adalah pross pembelajaran yang ditujukan pada anak-anak dan harus adanya bimbingan dari orang yang lebih tua.

secara perbedaan andragogi pada model pembelajaran andragogi menggunakan model blajar SCL ( student center learning). sedangkan model pembelajaran pedagogi adalah menggunakan metode pembelajaran TCL (teavher senter learning).
baiklah mari kita jelaskan mengenai kenapa andragogi karna disini guru hanya memberikan sedikit materi dan selebihnya sang muridlah yang mencari dan memperdalam mengenai materi yang dipelajari karna disini mreka secara usia kronologis sudah mampu untuk berpikir secara mandiri dan berpikir lebih jauh tentang bagaimana suatau pembelajranan.
penjelasan mengenai mengapa pedagogi menggunakan metode TCL karna disini guru bukan hanya berperan sebai memberi materi namun juga harus berperan sebagai pengawasan proses pembelajaran yang terjadi.

perbedaan selanjutnya mengenai pedagogi dan andragogi adalah mengenai tujuan aplikasi .andragogi menggunakan proses langsung lebih mudah mengaplikasi pembelajaran yang diterima sedangkan pedagogi jarang menggunakan aplikasi langsung ketika pembelajaran.
kembali saya jelaskan kenapa andragogi lebih mudah aplikasi secara langsung karna secara usia kronologis mereka lebih tinggi ketimbang anak-anak sehingga perkembangan kognitif dan psikomotoriknya juga berbeda dengan anak-anak jadi ketika selesai diberikan pembelajaran mereka lebih mudah langsung mengaplikasikan. sedangkan pedagogi lebih susah mengaplikasikan karna dia disini hanya menerima bulat-bulat mengenai suatu pembelajaran tanpa mengetahui tujuan sedangkan secara usia kronologis mereka kurang mampu langsung mengaplikasikan hasil dari pembelajaran yang mereka terima  tanpa adanya dukungan dan bimbingan orang yang lebih dewasa.

perbedaan selanjutnya mengenai proses pembelajaran yang antara andragogi dan pedagogi adalah mengenai tujuan pemecahan masalah disini andragogi pemecahan masalah dilakukan secara langsung dan mampu memecahakan nya sedangkan pedagogi kurang mampu langsung karna disini mereka merasa sangat sulit penyesaian secara langsung kembai lagi karna proses dukungan dan bimbingan orang yang lebih tua.

sekian hasil manfaat pembelajaran andragogi dan pedagogi dari saya

Comments

Popular posts from this blog

Rancangan peer learning pada kelompok 10 kelas andragogi fak. Psikologi USU

1.       Pengertian Peer Learning: Peer learning merupakan strategi pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran orang dewasa (andragogy) dan self-direction. Menurut Jarvis (2001), peer teaching merupakan kegiatan belajar yang berpusat pada peserta didik dalam suatu kelompok atau komunitas tertentu kemudian merencanakan dan memfasilitasi kesempatan belajar untuk dirinya sendiri dan orang lain. Hal ini diharapkan dapat terjadi timbal balik antara teman sebaya yang akan merencanakan dan menfasilitasi kegiatan belajar dan dapat belajar dari perencanaan dan fasilitas. Peer learning adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa, dalam hal ini siswa belajar dari siswa lain yang memiliki status umur, kematangan/harga diri yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri. Sehingga siswa tidak merasa begitu terpaksa untuk menerima ide-ide dan sikap dari “gurunya” yang tidak lain adalah teman sebayanya itu sendiri. 2.       Manfaat Dan Tujuan Peer Learning P eer learning sendiri mempunyai tuj

NKK/BKK pada masa pergerakan mahasiswa

Gerakan mahasiswa di Indonesia Gerakan mahasiswa  di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa.sejati karn msaing-masing fungi dari mahasiswa itu sendiri adalah agent of chenge and social control di dalam kehidupan berbangsa dan bernegar.. disini saya sendiri lebih tertarik pembahasan pergerakan mahasiswa pada masa era NKK/BKK Era NKK/BKK Setelah gerakan mahasiswa 1978, praktis tidak ada gerakan besar yang dilakukan mahasiswa selama beberapa tahun akibat diberlakukannya konsep Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK) oleh pemerintah secara paksa. Kebijakan NKK dilaksanakan berdasarkan SK No.0156/U/1978 sesaa